Senin, 11 April 2016

Beberapa Contoh Hukum Kebiasaan yang Perlu Anda Ketahui

Hukum kebiasaan berhubungan dengan hukum adat yang berlaku di wilayah dimana sekelompok orang hidup. Hukum tentunya berhubungan dengan aturan yang digunakan untuk membatasi gerak – gerik manusia agar berlaku wajar. Di setiap tempat dimana manusia tinggal, pasti berlaku hukum kebiasaan. Kebiasaan manusia dalam melewati kehidupan sehari – hari membuat manusia secara tidak tertulis mengatur hukum mereka. Di Indonesia dimana negara yang kaya akan berbagai etnis dan budaya, tentu setiap daerah memiliki hukum kebiasaan masing – masing. Namun, secara umum ada beberapa hukum adat yang berlaku di seluruh wilayah Indonesia. Inilah beberapa contoh hukum kebiasaan yang ada di Indonesia yang perlu anda ketahui:

- Berpakaian

Indonesia tentu masih memegang budaya ketimuran dimana dalam berpakaian pun memiliki peraturan yang berlaku. Kebiasaan orang Indonesia adalah memakai pakaian yang sopan yang tertutup. Sebenarnya aturan ini memang tidak tertulis namun sangat berlaku di masyarakat. Menurut orang Indonesia, cara berpakaian seseorang akan menentukan harga dari orang tersebut. Orang yang memiliki harga diri akan mengerti cara memakai pakaian yang tepat. Oleh karena itu, di Indonesia kebanyakan masih belum bisa menerima budaya Barat dengan berpakaian minim atau ketat.

- Berbicara

Di Indonesia yangmana sebuah negara yang memiliki adab dan sopan santun yang tinggi ini memiliki hukum kebiasaan dalam berbicara. Salah satu contoh hukum kebiasaan orang Jawa antara anak kepada orang tua harus menggunakan bahasa Krama Inggil. Bahasa Krama Inggil merupakan bahasa yang harus diucapkan dengan formal dan sopan kepada yang lebih tua. Hal ini harus selalu digunakan karena merupakan salah satu bentuk penghormatan kepada orang yang lebih tua.

- Adat Istiadat

Hukum kebiasaan berbeda – beda di Indonesia dan hal ini berhubungan dengan tempat dimana mereka tinggal. Indonesia dikenal dengan berbagai macam suku seperti suku Jawa, Batak, Asmat dan lain – lain. Biasanya masing masing suku memiliki hukum kebiasaannya sendiri.

Itulah beberapa hal mengenai contoh hukum kebiasaan yang ada di Indonesia yang selalu diterapkan dengan baik untuk melestarikan budaya serta berlaku sesuai dengan norma – norma.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar