Jumat, 25 November 2016

kelenjar ludah perut: pemahaman, anatomi, guna, serta hormon yang dibuahi

kelenjar ludah perut ialah alat aksesori pada skema penghancuran yang ada dua guna penting: membuahkan enzim penghancuran alias guna eksokrin bersama membuahkan sebagian hormon alias guna endokrin. kelenjar ludah perut terdapat pada kuadran kiri berdasarkan abdomen alias perut serta komponen kaput/kepalanya melekat pada alat duodenum.

anatomi kelenjar ludah perut

kelenjar ludah perut adalah sesuatu alat berwujud kelenjar atas jauh 12, 5 centimeter serta kasar + 2, 5 centimeter. kelenjar ludah perut terdiri dari:

kepala kelenjar ludah perut; adalah komponen yang setidaknya bidang jebab belantara, terdapat disebelah kanan gerong abdomen serta di dalam ceruk duodenum
tubuh kelenjar ludah perut; adalah komponen penting serta letaknya di belakang alat pencernaan serta vertebra lumbalis pertama.
akhir kelenjar ludah perut; adalah komponen yang cerucup di sisi kiri. pada kelenjar ludah perut ada dua saluran yang membuahkan perolehan sekresi kelenjar ludah perut ke dalam duodenum: -duktus wirsung-duktus sartorini

kelenjar ludah perut bisa dibagi ke dalam empat komponen:
caput pancreatis, berupa serupa diskus serta terdapat di dalam komponen cauk duodenum. beberapa caput membengkak di kiri di belakang nadi serta vena mesenterica besar bersama dinamakan processus uncinatus.
collum pancreatis, adalah komponen kelenjar ludah perut yang berkurang serta mengaitkan caput serta corpus pancreatis. collum pancreatic terdapat di depan akar vena portae hepatis serta lokasi di percabangkannya arteria mesenterica besar dari aorta.
corpus pancreatis, bepergian ke berdasarkan serta kiri, memalang garis lagi. pada bagian memalang sedikit berupa segitiga.
cauda pancreatis, bepergian ke depan menuju ligamentum lienorenalis serta melaksanakan ikatan atas hilum lienale.

dua jaringan penting yang menata kelenjar ludah perut:
asini, membuahkan enzim penghancuran
pulau langerhans; pulau langerhans adalah berkas sel berupa ovoid, berdimensi 76x175 milimeter, terhambur di semua kelenjar ludah perut meskipun lebih melimpah ditemui di akhir dari pada kepala serta tubuh kelenjar ludah perut.
sel-sel dalam pulau ini bisa dibagi jadi sebagian kategori:
sel alfa, berperan mensekresikan glukagon
sel beta, berperan mensekresikan insulin
sel muara sungai, berperan mensekresikan somatostatin-sel f, berperan mensekresikan polipeptida kelenjar ludah perut
guna kelenjar ludah perut

1. guna eksokrin

dilaksanakan oleh sel sekretori lobulanya yang membangun nuftah karet getah perca kelenjar ludah perut serta yang bermuatan enzim serta elektrolit. isi enzim dalam nuftah karet getah perca kelenjar ludah perut ialah enzim pencerna ialah:
amilase, memafhumi karbohidrat
lipase, membagi lemak jadi gliserin serta asam lemak
tripsin, memafhumi protein

2. guna endokrin

membuahkan hormon-hormon:

a. insulin

adalah proein minim yang disusun oleh 51 asam amino yang terlenggek berdasarkan dua ikatan yang dihubungkan oleh jembatan disulfida-dibentuk di retikulum endoplasma sel b-berfungsi mengganti glukosa jadi glikogen-efek kodrati insulin berkarakter besar serta komplek. akibat itu kebanyakan dibagi jadi akibat lekas, madya, serta lamban.
akibat lekas (detik) kenaikan transport gula, asam amino, serta k+ ke dalam sel liabel insulin
akibat madya (menit) eksitasi campuran protein isolasi jalan keluar protein, penaktifan glikogen sintetase serta enzim-enzim glikolitik
akibat lamban (jam) kenaikan mrna enzim lipogenik serta enzim lain

pembuatan insulin: preproinsulin ? proinsulin ? insulin

metode kegiatan:
pemungutan, pemakaian serta penyimpanan makanan.
menghambat katabolisme.
merangsang angkutan elektrolit.
menambah kopi serta translokasi protein.
memacu serta menginaktifkan enzim- enzim definit.

kenapa kontemplasi gula darah dipertahankan?

kontemplasi gula darah yang konsisten harus dipertahankan karna glukosa adalah semata barang vitamin yang bisa dipakai oleh benak, retina, serta epitel germinativum dalam besaran cukup buat melever daya seperti yang diperlukan

b. glukagon;

adalah polipeptida yang terdiri dari 29 asam amino yang adalah perolehan sekresi dari sel-sel alfa, yang ada asas aktifitas fisiologis menambah kadar glukosa darah. sekresi glukagon dengan cara langsung dipantau oleh kadar gula darah dengan skema feedback negative

c. somatostatin

somatostatin dijumpai di sel d pulau langerhans kelenjar ludah perut. somatostatin menghambat sekresi insulin, glukagon, serta polipeptida kelenjar ludah perut. sekresi somatostatin kelenjar ludah perut melambung oleh sebagian rangsangan ialah glukosa serta asam amino terpenting arginin serta leusin

d. polipeptida kelenjar ludah perut;

sesuatu polipeptida linear yang dibentuk oleh sel f pulau langerhans. sekresinya melambung oleh makanan yang berisi protein, puasa, olah raga, serta hipoglikemia berat. sekresinya berkurang oleh somatostatin serta glukosa intravena. guna kodrati sesungguhnya dari polipetida kelenjar ludah perut lagi belum dikenal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar